Ini Pelatih Pengganti Dunga di Timnas Brasil

By Admin

nusakini.com--Brasil segera menunjuk pelatih baru pengganti Carlos Dunga, yang baru saja dipecat. Dia adalah Adenor Leonardo Bacchi yang biasa dipanggil Tite. Dia  sebelumnya menangani Corinthians.

Federasi Sepakbola Brasil (CBF) memang belum mengumumkan secara resmi siapa pengganti Dunga, yang dipecat usai Brasil tersingkir di penyisihan grup Copa America Centenario. Namun, kabar ini akhirnya dibocorkan oleh Presiden Corinthians, Roberto de Andrade.

"Sang profesor, Tite bukan lagi pelatih Corinthians. Dia tak lagi memimpin untuk pertandingan besok (Corinthians menghadapi Fluminense). Saya merupakan orang pertama yang diberitahu keputusan ini. Sampai dua jam yang lalu, saya tak berpikir dia pergi. Saya terkejut," kata Andrade seperti dilansir Soccerway.

Andrade mengaku kecewa dengan cara CBF menunjuk Tite sebagai pelatih Brasil. Dia bahkan tak menerima telepon dari Presiden CBF, Antonio Nunes.

"Sekarang, saat segalanya sudah terjadi, dia (Presiden CBF), baru mencoba menelepon saya. Tim nasional tak layak mendapatkan Tite. Mereka tak menggunakan etika saat memanggilnya dari klub ini," ucap Andrade.

Tite menangani Corinthians dalam dua periode, pada 2010-2013 dan 2015-16. Pemilik nama lengkap Adenor Leonardo Bacchi ini membawa Corinthians menjuarai Copa Libertadores 2012. Dia juga membawa tim Brasil ini menjuarai Piala Dunia Klub 2012, dengan mengalahkan Chelsea 1-0 di final.

"Tite harus berterima kasih kepada semua orang di sini atas pekerjaan yang telah dia lakukan. Corinthians telah banyak berkembang. Demikian halnya dengan Tite," lanjutnya.

Tite menjadi pelatih Brasil keempat dalam empat tahun terakhir. Sebelumnya, Selecao menggunakan jasa Mano Menezes, Luiz Felipe Scolari, dan Dunga. (v/ab)